Beberapa Fakta Unik Papeda Makanan Khas Papua

ASLIDOMINO – Hutan adalah pasar bagi masyarakat Papua untuk belanja bahan pangan tanpa perlu mengeluarkan uang. Begitulah motto yang dipegang oleh Charles Toto alias Chato yang dikenal dengan sebutan Jungle Chef. Sebelum nanti bisa jalan-jalan ke Papua dan mencicipi berbagai resep tradisional Papua, Chef Chato mengajak Anda mengenal lebih jauh salah satu makanan khas Papua paling populer, yaitu papeda.

BACA JUGA :

  1. Cafe Bertema Unik di Bangkok yang Instagramable dan Nyaman Buat Nongkrong
  2. Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Semakin Membesar yang Perlu Diketahui
  3. Rekomendasi Kondom dengan Kualitas Terbaik yang Bisa Dicoba Oleh Pasangan

Cara Ambil Digulung

Karena teksturnya serupa lem, mentransfer papeda dari wadah ke piring makan nyaris tak mungkin dilakukan dengan sendok besar sekalipun. Nah, mengambil papeda perlu trik tersendiri. Di acara adat Papua, alat mengambil yang wajib digunakan adalah hiloi, serupa garpu besar. Tapi, garpu biasa kini sudah sering digunakan di rumah tangga.

Rendah Gula

Saat ini banyak anak yang alergi terhadap gluten. Tanpa perlu repot-repot mencari produk gluten free impor, papeda bisa menjadi solusi. Selain itu, papeda juga rendah gula, sehingga tepat dikonsumsi oleh penderita diabetes atau oleh orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Filosofi Meja Makan

Saat satu keluarga menggunakan helai dan makan papeda dari satu hote yang sama, saat itulah papeda menyimpan makna yang dalam. Helai adalah peralatan makan tradisional dari kayu untuk menyajikan papeda, sedangkan hote adalah piring kayu untuk menyantap papeda. Masyarakat Sentani menyebut tradisi makan papeda dari satu piring yang sama dalam satu keluarga sebagai helai mbai hote mbai. Mbai berarti satu.

Filosofinya, makan dalam satu keluarga menyimpan cerita untuk masa depan anak dan cucu. Karena, acara makan bersama yang menandai ikatan kekeluargaan itu menjadi ruang diskusi antara ayah, ibu, dan anak, menjadi ruang kecil untuk bermusyawarah. AGEN BANDARQ DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *