Beberapa Kegunaan Minyak Jelantah yang Jarang Diketahui

Beberapa Kegunaan Minyak Jelantah yang Jarang Diketahui

ASLIDOMINO – Biasanya minyak untuk menggoreng yang sudah digunakan akan langsung kalian buang setelah dipakai. Hal ini banyak dilakukan orang-orang karena pemakaian minyak bekas atau minyak jelantah secara berulang kali bisa mengundang penyakit dan sangat membahayakan bagi kesehatan.

BACA JUGA :

  1. Tips dan Trik Cara Memotong Apel Dengan Benar
  2. Beberapa Pulau Berbentuk Paling Unik di Dunia
  3. Beberapa Jenis Rempah yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Namun, sekarang jangan terburu-buru untuk membuang minyak jelantah karena kalian bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Berikut beberapa kegunaan minyak jelantah untuk kebutuhan sehari – hari :

Lilin

Saat listrik di rumah kalian padam, kalian bisa memanfaatkan minyak jelantah sebagai lilin. Tak perlu menggunakan alat khusus, kalian bisa memakai wadah yang tahan api dan tidak mudah terbakar, seperti tutup kaleng biskuit.

Tuang minyak jelantah ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, ambil beberapa helai kapas, lalu padatkan dan letakkan di tengah wadah. Setelah minyak jelantah meresap pada kapas, silahkan bakar menggunakan korek api dan jadikan sebagai lampu darurat saat listrik di rumah mengalami pemadaman.

Sabun Cuci

Daripada dibuang, sebaiknya kalian menyulap minyak jelantah menjadi sabun cuci yang bermanfaat. Untuk membuatnya, saring minyak jelantah menggunakan kain, kemudian rendam bersamaan dengan arang agar kotorannya hilang dan warnanya pun menjadi lebih jernih.

Setelah itu, campurkan dengan bahan-bahan, seperti cuka apel, minyak kelapa, air, NaOH, serta fragrance oil, lalu masukkan ke dalam cetakan dan tunggu sekitar 12 jam hingga campuran bahan menjadi padat dan bisa dipotong. Jika sudah jadi, silahkan gunakan sabun dari minyak jelantah untuk mencuci lap atau alat masak yang berlemak atau noda membandel.

Pembersih Lantai

Tak hanya itu, minyak jelantah bekas menggoreng masakan juga bisa dimanfaatkan sebagai cairan pembersih lantai, lho! Untuk memanfaatkannya, saring minyak jelantah menggunakan kain, lalu reaksikan menggunakan larutan NaOH dan arpus sebagai desinfektan. Untuk membuat cairannya lebih kental, tambahkan bahan berupa Hydroxy Ethyl Cellulose, kemudian campurkan dengan Sodium Lauryl Sulfate yang berfungsi sebagai penambah busa dan pengangkat kotoran. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *