Beberapa Keju yang Paling Enak dan Populer di Kroasia

ASLIDOMINO – Keju adalah olahan susu yang sering dijadikan olesan roti, atau bahan kue. Kroasia merupakan negara yang memiliki banyak jenis keju. Di sana keju sering dijadikan camilan dan pendamping minuman. Tak heran banyak anak-anak dan dewasa yang menyukai keju karena cita rasa dan kandungan nutrisinya yang kaya. Keju khas Kroasia cukup populer di negara-negara Eropa.

Skripavac

Skripavac adalah keju Kroasia yang dibuat di daerah pegunungan Lika dan Dun. Berasal dari susu sapi mentah, keju skripavac hanya dapat bertahan selama 3 bulan. Keju muda skripavac memiliki tekstur yang lebih kenyal dan akan menghasilkan bunyi berdecit yang khas saat dimakan. Nama skripavac sendiri berasal dari bunyi tersebut, skrippi atau berdecit.

Keju skripavac yang sudah tua memiliki aroma segar dengan rasa ringan. Teksturnya yang lembut membuat keju ini enak dinikmati bersama roti.

Dinarski sir

Keju dinarski sir terbuat dari hasil pasteurisasi susu kambing dan sapi yang berasal dari pegunungan dinarski di Kroasia. Dalam pembuatan keju dinarski sir memerlukan waktu 3 hingga 6 bulan, lho.

Tak menggunakan rennet hewani, dinarski sir dipasteurisasi dengan bantuan mikroba. Keju khas Kroasia ini memiliki tekstur lembut dengan aroma dan rasa susu yg kuat. Berwarna kuning keemasan, dinarski sir lezat dimakan langsung atau dioleskan ke atas roti.

Tezacki sir

Tezacki sir adalah keju Kroasia yang dibuat dari pasteurisasi susu sapi Dalmatian. Dalmatian Hinterland merupakan daerah Kroasia yang memproduksi keju ini. Lama waktu pasteurisasi keju tezacki sir kurang lebih adalah 4 bulan. Setelah 4 bulan, tezacki sir memiliki warna kekuningan dan aroma yang kuat.

Sering mendapatkan penghargaan, cita rasa keju khas Kroasia diatas tak perlu diragukan lagi. Dibuat sepenuh hati, keju Kroasia memiliki rasa yang kuat dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *