Beberapa Makanan Populer di Dunia yang Jarang Diketahui Sejarahnya

ASLIDOMINO – Banyak dari kita mengandalkan resep untuk membuat makanan yang lezat. Namun, tidak jarang makanan yang dibuat dengan cara yang tidak sengaja atau bahkan absurd, tetapi memiliki rasa yang lezat dan disukai. Bahkan, makanan yang sudah populer di seluruh dunia tidak semuanya dibuat dengan resep dan perhitungan yang matang. Di bawah ini, telah dikutip dari laman Britannica dan The Thrillist, sejarah unik di balik terciptanya beberapa makanan populer di dunia.

Donut

Donat pertama kali dibuat pada pertengahan abad ke-19. Pada waktu itu, Belanda membuat olykoeks atau kue berminyak, yaitu kue berbentuk bola yang digoreng dengan lemak babi. Lantaran bagian tengah kue tidak matang secepat bagian luarnya, kadang-kadang kue tersebut diberi isian buah, kacang, atau apa pun yang tidak pernah dimasak.

Pada suatu ketika, Elizabeth Gregory, ibu dari seorang Kapten Kapal New England, sedang menyiapkan adonan roti goreng untuk dinikmati awak kapal dalam perjalanannya. Dia mengisi adonan roti goreng tersebut dengan hazelnut atau kenari dan menyebutnya sebagai donat. Pada 1847, Hanson Gregory, putra dari Elizabeth Gregory, membuang bagian tengah roti tersebut karena kurang matang saat berada di atas kapalnya. Selanjutnya, dalam proses memasak donat, ia memberi lubang di tengahnya untuk meningkatkan paparan donat ke minyak panas. Oleh karena itu, donat bisa matang sempurna. Dalam hal ini, Gregory mengklaim telah menghasilkan lubang donat pertama.

Sandwich

Terdapat hubungan antara sandwich dan negarawan Inggris John Montagu, 4th Earl of Sandwich (1718–1792). Montagu merupakan seorang penjudi dalam kehidupan pribadinya. Ia sering tenggelam dalam permainan poker dan enggan istirahat untuk makan. Suatu hari, ia meminta seorang pelayan untuk membawakannya dua potong roti panggang tumpuk yang di tengahnya diisi daging agar dia bisa makan tanpa menghentikan permainan kartu. Dari hal tersebut, teman-temannya mulai meminta hal yang sama dan menyebutnya sebagai sandwich.

Memanfaatkan nama keluarga, 11th Earl of Sandwich kemudian mendirikan toko sandwich bernama The Earl of Sandwich di Florida pada 2004. Ini merupakan lokasi waralaba yang masih beroperasi di seluruh Amerika Serikat, London, dan Paris.

Nacho

Nacho pertama kali ditemukan pada 1943 di Meksiko. Selama Perang Dunia II, kota kecil perbatasan Texas Eagle Pass adalah rumah bagi pangkalan pelatihan Angkatan Udara AS. Adapun, istri prajurit sering melintasi perbatasan ke Kota Piedras Negras di Meksiko untuk mencari makanan. Pada suatu ketika, empat orang perempuan memasuki Restoran El Moderno untuk minum-minum dan meminta camilan, tetapi pelayan di sana waktu itu, Ignacio Anaya, tidak dapat menemukan juru masaknya. Jadi, Ignacio mulai pergi ke dapur, mengiris tortila menjadi empat bagian, menumpuk keju, dan mengiris jalapeño.

Setelah disajikan, ternyata para perempuan tersebut menyukai camilan keripik keju ini dan ingin tahu apa namanya sehingga mereka dapat memesannya lagi. Ignacio kemudian menamai hidangan tersebut nacho’s especialNacho sendiri merupakan nama panggilan Ignacio Anaya. Akhirnya, hidangan ini mulai dikenal menjadi nacho dan menjadi hidangan pembuka paling populer di El Moderno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *