Beragam Jenis Dodol dari Seluruh Nusantara yang Bikin Nagih

ASLIDOMINO – Sudah pastinya masyarakat Indonesia beruntung karena di negaranya mempunyai kuliner bermacam-macam di berbagai pelosok wilayah masing-masing. Salah satunya yaitu dodol. Ternyata penganan lokal tersebut ada banyak jenisnya, lho, karena yang kita tahu selama ini hanya dodol Garut. Di berbagai wilayah Indonesia juga punya penganan dodol dengan cita rasa tersendiri.

Dodol betawi

Walau kini sulit dicari di ibu kota, dodol betawi ini sebenarnya sangat banyak diminati lho di tempat daerahnya sampai masyarakatnya begitu antusias dalam hal dodol khas mereka sendiri. Terkenal dengan rasa legitnya yang enak, bahan-bahan dasar dari dodol betawi ini meliputi tepung beras, santan kelapa, gula merah, gula pasir dan garam.

Bila penasaran dengan dodol jenis ini kamu bisa mencarinya di daerah Kalibata. Wilayah tersebut merupakan kampung dodol asli atau sentra produksi dan penjualan Dodol Betawi.

Dodol bali

Dodol bali atau yang dikenal dengan dodol buleleng ini tak kalah populernya juga lho. Kepopulerannya itu karena memiliki cita rasa yang khas yaitu manis legit dan aromanya yang wangi dari bungkusnya yang terbuat dari daun jagung kering.

Dodol buleleng ini menggunakan bahan baku terdiri dari ketan hitam, santan, dan gula merah, lalu dalam proses pembuatannya pun masih tergolong tradisional dan banyak diproduksi dari para industri rumahan di daerah Bali Utara lebih tepatnya di wilayah Buleleng.

Maka dari itu, rasanya yang istimewa dodol bali banyak dibawa sebagai camilan oleh-oleh para wisatawan yang datang.

Dodol kandangan

Dan yang terakhir ada dodol Kandangan. Dodol ini mempunyai cita rasa lokal yang mantap, karena ini asli berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Yaitu memiliki rasa yang lebih legit dan teksturnya yang lebih lembut. Maka dari itu, dodol ini sangat cocok untuk dibawa oleh-oleh keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *