Fukushima Jepang Diguncang Gempa Persis di Bekas Lokasi Tsunami 2011 Silam

ASLIDOMINO – Jepang diguncang gempa bumi besar berkekuatan M 7,1, Sabtu (13/2/2021) tengah malam. Lokasi gempa berada di prefektur Fukushima dan tak jauh dari bekas lokasi tsunami 2011 lalu. Pusat gempa bumi berada di kedalaman 60 km, di lepas pantai prefektur Fukushima, tepat pukul 23.08 waktu setempat. Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda peringatan tsunami, mengingat skala kekuatan gempa tersebut cukup besar yakni mencapai 7,1 magnitudo. Pusat gempa berada di dekat lokasi gempa bumi dahsyat yang pernah melanda Jepang hampir 10 tahun lalu, yang dampaknya meruntuhkan tiga reaktor nuklir di wilayah Fukushima.

BACA JUGA :

  1. Beberapa Kue Khas Imlek yang Buat Kangen Setiap Tahun
  2. Mie Panjang Umur Khas Orang Tionghua Untuk Menyambut Imlek
  3. Rekomendasi Mobil Matic Bekas yang Antik Dibawah 60 Jutaan

Bencana yang dikenal sebagai Gempa Tohoku itu juga memicu tsunami besar yang meluluh lantakkan wilayah tersebut. Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono memberikan analisis tentang gempa Jepang yang melanda prefektur Fukushima tersebut.

Dijuluki Gempa Ulang Tahun Ke 10

Daryono mengatakan gempa besar ini mendapat julukan ‘gempa ulang tahun tahun ke-10. Sebab, masih teringat bencana gempa bumi dahsyat yang terjadi pada 11 Maret 2011 lalu. Peristiwa gempa Jepang kala itu terjadi dengan magnitudo 9,0 yang memicu tsunami dahsyat dan menelan korban jiwa lebih dari 18.000 orang meninggal. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Rangkaian Gempa 11 Maret 2011

Daryono menyebutkan bahwa gempa bermagnitudo 7,1 yang terjadi Sabtu tengah malam, masih merupakan rangkaian gempa susulan atau aftershocks dari gempa utama yang terjadi pada 11 Maret 2011 lalu, yang menyebabkan bencana tsunami dahsyat di prefektur Fukushima. Gempa Jepang ini ibarat menuntaskan urusan yang belum selesai secara keseluruhan saat peristiwa gempa besar pada tahun 2011.

Tidak Berpotensi Tsunami

Meskipun gempa Jepang ini berpusat di laut, tetapi karena kedalaman hiposenternya mendekati intermediate atau menengah, yakni sekitar 54 km, sehingga gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Karena magnitudo gempa yang cukup besar dengan hiposenternya yang relatif ‘dalam’ menyebabkan spektrum guncangan kuat yang ditimbulkan melanda wilayah yang luas mencapai Kota Tokyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *