Jenis Hewan Endemik yang Memukau dan Bisa Dijumpai di Myanmar

ASLIDOMINO – Myanmar termasuk salah satu negara yang memiliki wilayah daratan yang sangat luas di Asia Tenggara. Sebagian besar dari wilayah Myanmar didominasi oleh daerah hutan hujan tropis, pegunungan, pesisir pantai dan masih banyak lagi. Dengan begitu, dapat dipastikan jika Myanmar menyimpan banyak sekali kekayaan fauna yang unik sekaligus langka yang tersebar di beberapa wilayah. Terdiri dari spesies hewan yang memiliki sifat bersahabat, pemalu, agresif hingga dapat membahayakan nyawa manusia.

BACA JUGA :

  1. Beberapa Kebiasaan Makan Sehat yang Ternyata Buruk Untuk Tubuh
  2. Tips Memakai Topi Kupluk Agar Penampilan Makin Keren
  3. Rekomendasi Produk Pencerah Ketiak Agar Noda Hitam Memudar

The Dusky Langur

The dusky langur sering juga disebut dengan julukan spectacled leaf monkey dikarenakan mereka memiliki lingkaran putih di sekitar matanya. Primata ini berhabitat di daerah hutan lebat yang tersebar di wilayah Myanmar. The dusky langur termasuk hewan yang sangat suka hidup berkelompok di alam liar dimana dalam satu kelompok terdiri dari 20 individu yang didominasi oleh sang jantan.

Mereka merupakan hewan dengan sifat teritorial yang akan mempertahankan wilayah kekuasaannya dari dusky langur lainnya. Di habitat aslinya hewan ini sering mengeluarkan suara teriakan yang sangat keras.

Dugong

Populasi dari dugong hanya dapat ditemukan di beberapa negara di benua Asia termasuk Myanmar. Hewan mamalia air berbentuk lucu ini secara mengejutkan memiliki hubungan kekerabatan yang lebih dekat dengan gajah. Mereka suka berkeliaran di dekat pantai serta teluk dengan permukaan yang luas dan tidak terlalu dalam. Selain itu, dugong tekadang juga terlihat di perairan bakau.

Dari bentuk penampilan fisik, dugong mempunyai panjang tubuh 3 hingga 4 meter dengan bobot maksimal hingga setengah ton. Nama dari dugong sendiri berasal dari bahasa melayu yang memiliki arti nyonya laut.

Crested Partridge

Wilayah kepulauan Mergui di Myanmar menyimpan banyak sekali spesies burung yang unik dan langka. Salah satu spesies burung memesona yang hidup di wilayah Mergui adalah crested partridge yang memiliki bentuk jambul yang indah. Mereka biasa membuat sarang di tanah di bawah tumpukan daun. Crested partridge jantan dan betina memiliki penampilan yang sangat berbeda dimana betina memiliki bulu tubuh berwarna hijau sedangkan jantan berwarna hitam. Saat ada menghampiri mereka, hewan ini lebih memilih untuk menghindar dengan cara berlari atau terbang. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *