Jenis-jenis Tempe yang Begizi Tinggi Tapi Bukan dari Kedelai

ASLIDOMINO – Makanan yang satu ini cocok sebagai hidangan lauk pendamping makan maupun sebagai camilan. Umumnya, bahan baku utama pembuatan tempe adalah kedelai. Tempe juga bisa dibuat dari bahan-bahan lainnya. Ya, selain dari kedelai, tempe juga bisa dibuat dari bahan lainnya seperti kacang merah dan lain-lain. Dari segi nutrisi, tentu saja tak kalah dengan tempe berbahan kedelai.

BACA JUGA :

  1. Sering Keliru! Penyakit dengan Gejala yang Mirip dengan Migran
  2. Rekomendasi Wisata Alam di Korea Selatan yang Menenangkan Jiwa
  3. Kesalahan Saat keramas yang Sering Dilakukan Remaja

Tempe Kacang Merah

Kacang merah dikonsumsi secara luas. Namun, saat ini penggunaan kacang merah baru sebatas dijadikan sayur atau sup. Kacang merah memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Dalam 100 gram kacang merah mengandung karbohidrat sebesar 59,5 gram, 23,1 gram protein, 1,7 gram lemak, 0,01 IU vitamin A, 0,60 gram vitamin B1, dan mineral seperti kalsium dan besi.

Tempe Kacang Hijau

Kacang hijau juga bisa dijadikan bahan pembuat tempe lainnya. Kandungan gizi kacang hijau juga cukup lengkap. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung karbohidrat sebesar 62,5 gram, 22,2 gram protein, 1,5 gram lemak, 9 IU vitamin A, 150- 400 IU vitamin B1, dan mineral seperti kalsium, belerang, mangan, dan besi.

Tempe Lamtoro

Mungkin kamu sedikit asing dengan kacang yang satu ini. Namun, jangan salah, kandungan gizi kacang lamtoro relatif lengkap dan tidak jauh berbeda dengan kandungan gizi kedelai sebagai bahan baku tempe. Salah satu keunggulan kacang lamtoro ini dipilih sebagai bahan baku pembuatan tempe karena mengandung protein yang cukup tinggi, sehingga potensial menjadi produk olahan sumber protein nabati. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *