Jenis Rumah Adat Suku Sunda yang Unik dan Jarang Diketahui

ASLIDOMINO – Indonesia memang punya banyak kebudayaan yang sangat beragam. Di antara banyaknya kebudayaan tersebut, rumah adat menjadi salah satu kebudayaan yang memiliki nilai sejarah tinggi. Bahkan, bangunan yang memilliki corak dengan nilai filosofis tertentu tersebut, selalu seru untuk diteluris lebih jauh lagi. Di antara banyaknya rumah adat yang ada di Indonesia, rumah adat suku Sunda menjadi rumah adat yang penuh dengan pesona. Bukan hanya karena bangunannya yang unik, melainkan juga makna yang terkandung di bangunan tersebut.

BACA JUGA :

  1. Rekomendasi Parfum Wanita Terbaik dengan Wangi yang Tahan Lama
  2. Resiko dan Efek Berbahaya Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah
  3. Beberapa Kolaborasi Epik Teh Botol Sosro dengan Brand Lain

Badak Heuay

Rumah adat sunda yang pertama ialah badak heuay. Penamaan rumah adat yang satu ini berasal dari bentuk atapnya yang menyerupai badak heuay atau dalam bahasa Indonesia berarti badak yang menguap. Sering dijumpai di Sukabumi, rumah adat yang satu ini berfungsi untuk menerima tamu laki-laki.

Jubleg Nangkub

Rumah adat Sunda yang satu ini memiliki rupa yang hampir mirip dengan rumah adat sunda parahu kumureb. Perbedaanya sendiri tidak ada yang terlalu mencolok di antara keduanya. Namun, rumah adat yang satu ini memang lebih mudah dijumpai dikarenakan masih banyak yang membangunnya. Jubleg nangkub sendiri memiliki lesung atau alat menumbuk padi yang menelungkup.

Tagog Anjing

Seperti rumah adat sebelumnya yang memiliki nama sesuai dengan bentuknya, maka jenis rumah adat Sunda yang satu ini pun juga demikian. Tagog anjing sendiri dalam bahasa Indonesia ialah anjing yang sedang jongkok atau duduk. Penamaan Tagog anjing pada rumah adat ini dikarenkan rupa rumah adat yang memang berbentuk seperti anjing yang sedang duduk. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *