Makanan Khas Jepang Berbahan Dasar Kacang Merah yang Enak

ASLIDOMINO – Jika berbicara mengenai makanan khas Jepang, bahan-bahan seperti rumput laut, jamur, dan kacang kedelai menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kulinernya.

Selain beberapa bahan tersebut, kacang merah juga menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan dalam kuliner Jepang. Mulai dari makanan manis hingga nasi. Tak heran, orang Jepang telah mengonsumsi kacang merah dalam berbagai bentuk hidangan sejak berabad-abad yang lalu.

Sekihan

Memiliki banyak kandungan nutrisi, sekihan atau nasi kacang merah bisa kamu jadikan alternatif menu harianmu. Beras yang digunakan adalah beras ketan yang dimasak bersama air rebusan kacang merah, garam, dan kacang merah tentunya.

Biasanya sekihan disajikan saat perayaan karena warna merahnya melambangkan keberuntungan.

Monaka

Makanan yang satu ini terdiri dari dua buah wafer yang melapisi isian berupa pasta kacang merah. Monaka memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari persegi, lingkaran, sampai bentuk lentera dan bunga krisan.

Selain kacang merah, isian monaka yang bisa ditemukan dewasa ini antara lain es krim, krim keju, krim cokelat, krim stroberi, dan banyak lainnya.

Yōkan

Untuk kamu yang suka dengan agar-agar, kamu bisa coba yōkan atau agar-agar kacang merah khas Jepang.

Cara membuatnya sama seperti agar-agar pada umumnya yaitu tambahkan pasta kacang merah ke dalam adonan agar-agar saat memasak. Ada 3 (tiga) jenis yōkan; mizu yōkan, neri yōkan, dan mushi yōkan.

Mizu yōkan memiliki tekstur yang lebih kenyal karena air yang digunakan lebih banyak daripada agar-agar, sedangkan neri yōkan memiliki tekstur yang lebih padat. Sementara mushi yōkan adalah yōkan yang dimasak dengan cara dikukus dan biasanya ditambahkan kacang kastanye (chestnut) di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *