Rekomendasi Jenis Roti yang Cocok Untuk Diet dan Kaya Nutrisi

ASLIDOMINO – Saat sedang menjalani diet penurunan berat badan yang sehat, kebanyakan orang akan mengurangi makanan tinggi karbohidrat dari daftar menu diet. Adapun, salah satu sumber karbohidrat yang biasanya dibatasi saat sedang diet adalah roti.

Roti adalah makanan serbaguna yang dapat dimakan bersama selai, sandwich, atau tanpa tambahan apa pun. Kebanyakan roti terbuat dari tepung putih yang merupakan karbohidrat sederhana dan rendah nilai gizi. Namun, tidak semua roti demikian. Ada beberapa roti yang terbuat dari biji-bijian berkualitas, menawarkan nutrisi yang lebih tinggi, dan dapat membantu diet.

Roti gandum utuh

Roti gandum adalah makanan yang sudah dikenal sehat. Sebagai menu diet, carilah tepung gandum utuh. Yang tidak kalah penting, periksalah kandungan gula dan natriumnya. Roti gandum utuh masih mengandung benih, endosperma, dan dedak. Dedak, yang merupakan lapisan luar yang keras, mengandung serat yang tinggi. Gandum utuh juga menyediakan protein, lemak, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

Roti gandum hitam

Rye atau gandum hitam sangat mirip dengan gandum pada umumnya, tetapi lebih gelap dan padat. Roti gandum hitam tradisional hanya terbuat dari tepung gandum hitam. Jika dibandingkan dengan gandum biasa, gandum hitam dianggap lebih bergizi.

Makan roti gandum hitam memicu rasa kenyang yang lebih besar dan tidak terlalu memengaruhi gula darah dibandingkan roti gandum. Ini dimungkinkan karena roti gandum hitam memiliki kandungan serat larut yang tinggi. Serat larut adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang larut dalam air dan menjadi seperti gel di usus. Makan makanan dengan serat larut membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, yang menurunkan pelepasan insulin dan mengurangi lonjakan gula darah.

Roti rami

Seperti namanya, roti rami dibuat dari biji rami atau kadang dicampur dengan biji gandum utuh dan merupakan salah satu roti paling sehat. Alasannya, biji rami sendiri dikenal sangat bergizi dan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Biji rami adalah sumber asam alfa-linolenat (ALA) yang sangat baik. Ini merupakan bentuk asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam makanan nabati. ALA diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, biji rami mengandung senyawa lignan yang dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dan dapat mencegah kanker tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *