Sering Keliru! Penyakit dengan Gejala yang Mirip dengan Migran

ASLIDOMINO – Migrain adalah kondisi seseorang mengalami sakit seperti ditusuk atau dicabik-cabik di satu sisi wajah atau kepala. Nyeri tajam ini juga bisa disertai mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, bau, dan bunyi. Durasinya bisa dirasakan selama 4-72 jam dan nyerinya bisa hilang timbul. Ternyata, ada beberapa penyakit yang gejalanya mirip migrain. Akibatnya, karena mengira dirinya “hanya” punya migrain, penanganannya tidak tepat dan kondisi medis yang mendasarinya itu bisa memburuk.

BACA JUGA :

  1. Rekomendasi Wisata Alam di Korea Selatan yang Menenangkan Jiwa
  2. Kesalahan Saat keramas yang Sering Dilakukan Remaja
  3. Tips Persiapkan Tubuh dan Mental Tetap Fit Selama Bulan Puasa

Sinusitis

Migrain sering tertukar dengan sinusitis karena kemiripan di area sakit kepala dan umumnya disertai gejala seperti hidung tersumbat dan hidung meler. Untuk membedakan sinusitis dan migrain, dokter perlu melihat apakah ada cairan atau lendir yang keluar dari hidung. Cairan atau lendir yang keluar dari hidung pada kasus sinusitis umumnya berwarna kuning, terdapat demam, dan bisa disertai bau mulut tak sedap.

Stroke

Gejala migrain juga bisa tertukar dengan gejala stroke, yang mana keduanya bisa ditandai dengan sakit kepala yang parah dan mendadak. Namun, perlu diketahui bahwa untuk migrain, nyeri umum hanya di satu sisi kepala saja dengan durasi lama, serta onset nyeri tidak langsung terasa, tetapi perlahan-lahan. Selain itu, seseorang yang mengalami migrain tidak mengalami kekakuan atau ketegangan di area leher.

Sementara itu, pada serangan stroke, seseorang akan merasa pusing disertai leher yang terasa kaku atau kencang. Berdasarkan keterangan dari American Stroke Association, seseorang yang pernah dan/atau sering mengalami migrain aura lebih berisiko mengalami stroke, termasuk stroke ringan atau istilah medisnya adalah transient ischemic attack.

Epilepsi

Diagnosis epilepsi juga sering tertukar dengan migrain karena salah satu jenis epilepsi, yaitu epilepsi aura, memiliki gejala yang mirip dengan migrain aura. Epilepsi aura adalah kondisi seseorang tiba-tiba merasakan sedikit perbedaan pada dirinya dan biasanya ini menjadi tanda sebelum kejang dimulai. Aura yang dirasakan setiap orang bisa berbeda-beda, tetapi kurang lebih penderita akan merasakan hal-hal seperti mual, pusing dan mati rasa. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *