Tips dan Trik Mengatasi Bayi yang Sering Kaget Kagetan Saat Tidur

ASLIDOMINO – Beberapa bayi sering tiba-tiba kaget saat tidur. Kondisi tersebut bisa membuat Mama merasa khawatir. Namun, kondisi tersebut umum dialami bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan. Bayi kagetan atau dikenal dengan istilah Benign Neonatal Sleep Myoclonus (BNSM) adalah suatu gerakan tersentak yang dilakukan bayi selama dua sampai tiga detik. Saat kaget, bayi umumnya akan mengangkat kedua tangannya secara tiba-tiba. Saat dia mulai tenang, dia akan menurunkan kembali tangannya dan meletakkannya ke samping tubuh.

BACA JUGA :

  1. Jenis-jenis Sayuran Ini Nyaris Tidak Memiliki Kalori, Aman Dimakan Banyak
  2. Jenis-jenis Tempe yang Begizi Tinggi Tapi Bukan dari Kedelai
  3. Sering Keliru! Penyakit dengan Gejala yang Mirip dengan Migran

Bedong

Membedong bayi terlalu ketat bisa mengganggu tidur bayi sehingga bayi bisa kagetan saat tidur. Namun bukan berarti kalian tidak boleh membedong bayi, ya. Kalian tetap boleh melakukannya karena bayi merasa nyaman seperti di dalam rahim saat dibedong. Saat membedong, kalian sebaiknya menggunakan kain lembut yang tidak terlalu tebal sehingga tidak menghalangi gerak bayi saat tidur. Biarkan bagian leher dan kepala bayi tetap terbuka selama tubuhnya dibedong.

Bangunkan Bayi

Apabila bayi kaget saat tidur, Kalian bisa membangunkannya dengan lembut. Jika kalian tidak tega untuk membangunkannya, maka tenangkan bayi dengan cara mengusap dada atau kepala si Kecil. Cara tersebut bisa memudahkan bayi untuk meneruskan tidurnya.

Pijat

Rasa kaget pada bayi disebabkan dia tidak dapat menikmati tidurnya karena merasa takut atau tidak nyaman dengan lingkungannya. Pijatan lembut bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas tidur bayi. Kalian bisa memijat lembut kaki, tangan, dada, dan punggung bayi sebelum si Kecil tidur. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *